Benur Udang Vaname Berkualitas Baik

Sabtu, 26 Agustus 20170 komentar



Meskipun sudah lebih dari 10 tahun menggeluti Benuran, tidak  ada salahnya untuk selalu belajar belajar dan belajar.
Hari ini browsing, ketemu dengan artikel 6 Ciri Benur Udang Vaname Berkualitas Baik, dengan memberikan link url akan ada simbiosis  mutualisme berupa backlink dan pembaca bisa mendapatkan informasi dari sumber aslinya.

Sebagai pelaku bisnis sekaligus petani Benur Udang Vaname Tradisional kami tidak menggunakan metode Hatchery. Dengan menggunakan system bak terbuka dan menggunakan  sumber pemanasan kolam dari terik matahari dan pelindung untuk mengatur Stabilitas Temperatur Air, biaya produksi bisa ditekan dari penggunanaan energi listrik, sehingga bisa Menjual Benur Udang Murah dan Berkualitas

Kualias Benur yang bagaimana yang anda perlukan, tergantung jenis Tambak Udang yang anda gunakan, jika Tambak Intensisif yang anda kelola, Benur F1 lebih efisien anda gunakan meskipun harga Benur F1 lebih mahal, karena biaya perawatan yang anda perlulan lebih besar dari biaya pembelian benur, mengingat dengan Benur F1 yang cepat tumbuh, dalam waktu 3 bulan sudah bisa anda panen. Berbeda dengan Benur Non F1 yang baru bisa panen pada bulan ke 4.

Jika anda mengelola Tambak Udang Tradisional, Cost terbesar pada Benur Udang dan Pakan, untuk itu lebih cocok dengan Benur Non F1 satu yang bisa anda dapatkan jauh lebih murah, ini akan menekan komponen biaya pada benur hingga 75 % dan bisa anda akumulasikan pada pakan dan tenaga kerja yang akan meningkat sampai 25 % karena umur benur siap panen pada bulan ke empat. Sementara komponen biaya dari penggunaan energi jauh lebih kecil dari Tambak udang Intensif.

Jika anda mengelola Tambak Udang Tradisional, dan menggunakan Benur Udang F1 komponen biaya pada Benur Udang tinggi, pakan tinggi, tidak secepat Tambak Intensif ujungnya biaya tinggi, harga jual menjadi tidak kompetitif, sementara kompetitor anda mampu menekan biaya produksi, mau nggak mau harus menjual dengan harga kompetitif, maka margin keuntungan anda semakin kecil, belum lagi resiko lain.... Usaha anda menjadi tidak kompetitif

Untuk yang masih belajar tentang Benur Udang Vaname, Berikut ini saya Copas artikelnya :

Ciri benur udang vaname berkualitas baik. Sukses budidaya udang vaname (L. Vannamei) sangat erat kaitannya dengan 3 komponen penting yakni kualitas air yang terjaga, pakan yang baik dan benur yang berkualitas. Benih udang yang bermutu dapat dilihat apakah bisa sampai panen (size besar), bisa tahan terhadap penyakit, seragam atau tidak memiliki ukuran yang berbeda (blantik), serta pertumbuhan yang cepat.

Teliti dalam memilih benur yang akan dipakai tentu menjadi sebuah kewajiban jika ingin memulai usaha budidaya udang vaname, baik secara tradisional apalagi dengan sistem intensif dan supra intensif. Di sini kami akan merangkum ciri-ciri benur yang berkualitas baik.
6 Ciri Benur Udang Vaname Berkualitas Baik

1. Benur F1
Sangat disarankan menggunakan benur F1 meskipun cara budidaya dengan sistem tradisional plus. F1 ini memiliki induk yang jelas serta gen yang unggul, biasanya di import langsung dari luar negeri, misalnya Hawai. Keunggulannya yakni memiliki perkembangan bobot tubuh yang cepat.

2. Melihat Pergerakan
Jika diamati dari pergerakan, benur yang bermutu akan terlihat lincah. Kalau benur diputar, perputarannya bagus. Bila diserok menggunakan gayung bersama airnya lalu dipindahkan ke tempat lain, benur yang baik akan selalu berusaha menempel di dasar gayung, tidak mau hanyut.

Ditinjau dari sungut atau antenanya, terlihat buka tutup secara aktif, jika sungut ini sudah tidak rapat lagi akan tetapi membentuk huruf seperti V, itu ciri benur berkualitas kurang baik.

3. Warna dan Bentuk Tubuh
Secara visual, benur yang berkualitas mempunyai warna cerah, tubuh yang langsing serta tampak padat berisi. Jika benur terlihat tidak bengkok dan berwarna kusam berarti kualitas benur kurang baik dan tidak disarankan menggunakan benur tersebut.

4. Homogenitas Benur
Benur memiliki ukuran yang sama dan umur yang paling ideal yakni antara PL-10-PL-12. Alasannya karena pada tahap tersebut, ekor benur sudah mengembang dengan baik dan pada saat ditebar, bisa bergerak ke dasar tambak

5 Bebas Penyakit
Pemilihan benur yang akan ditebar harus bebas terhadap penyakit (Specific pathogen Free) dan (Specific Pathogen Resistant). Menggunakan benur berkualitas (bebas penyakit) akan memperkecil risiko kegagalan dari awal. Kami sangat rekomendasikan untuk melakukan pengujian PCR (Polymerase Chain Reaction) di Laboratorium jika akan menggunakan benur yang banyak.

Hasil dari uji PCR ini akan menujukan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif akan menujukan apakah ada atau tidaknya infeksi virus atau patogen, sedang data kuantitatif menunjukkan seberapa besar infeksinya (ringan, medium atau infeksi berat). Hasil uji PCR ini tidak memakan waktu yang lama (kisaran 5-6 jam) dan terbukti akurat dalam mendeteksi virus dan penyakit lain.

6. Mutu Hatchery
Sebaiknya mengambil benur mutu hatchery karena pada setiap hechtery sudah memiliki quality control yang baik. Jika memiliki quality control yang bagus, maka kita tidak ragu lagi terhadap kualitas benurnya.

Itulah tadi ulasannya bagaimana cara memilih benur udang vaname berkualitas baik. Kami juga telah menulis tentang 5 Bakteri Probiotik Terbaik untuk Udang Vaname.
Sumber : http://budidayaudang.com/ciri-benur-udang-vaname-berkualitas-baik/
Baca Juga Benur Udang Berkualitas

Selanjutnya.....

Seperti saya sampaikan pada tulisan Benur Tuban, Siap Kirim Ke Seluruh Wilayah Indonesia, UD. Rahmatan Lil Alamin, saat ini memiliki lokasi Budidaya Benur Udang Vaname di 10 lokasi di daerah Kecamatan Palang dan Jenu Kabupaten Tuban, dengan jumlah kolam sebanyak 16 kolam di setiap lokasi.

Budidaya benur udang telah kami geluti lebih dari 10 tahun, kami berpengalaman dalam menyediakan benur udang berkualitas dengan harga murah.

Sebelum melakukan budidaya benur sendiri, kami telah belajar kepada Saudara, yang juga menggeluti bidang yang sama, sehingga jika ada pesanan dalam jumlah besar Insya Allah, kami masih siap menyediakan, termasuk kontinuitas produksi benur dan Packing yang aman.

Pada saat belajar pada Saudara, kami mendapatkan tugas untuk mengirimkan benur ke luar pulau Jawa, yang sering kami lakukan saat itu adalah ke Kendari, Makasar dan Ujung Pandang.

Pengiriman via Pesawat Terbang, adalah sesuatu yang biasa kami lakukan.

Jika Anda berminat bekejasama dengan kami, silahkan hubungi :

UD. Rahmatan Lil Alamin
Alamat : Perumahan Karang Indah Blok BB 05
Tuban - Jawa Timur - Indonesia
Email : taufiqbenur@gmail.com
Blog : benurtuban.blogspot.co.id
Contact Person :
Muhammad Taufik Nur
(Opick Benur)
HP :
085330974900
081330995977

Note : Respon Cepat Via HP saja
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. Benur Tuban - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger